Archive Pages Design$type=blogging$count=7


Diskes Dumai : 346 Warga Terserang Ispa Akibat Kabut Asap

BERITA DUMAI, DUMAI - Musibah kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan yang terjadi beberapa hari belakangan ini menambah jumlah penderita saluran infeksi penafasan atas (ISPA) di Kota Dumai. Sesuai data dari Dinas Kesehatan setempat penderita penyakit penfasan itu sebanyak 346 orang. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, Paisal, mengatakan sejak kondisi udara tercemar kabut asap penderita sakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) meningkat dalam tiga hari belakangan ini. Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas ke luar rumah. 

"Sejak tiga hari belakangan pihak medis banyak menerima keluhan masyarakat karena mengalami gangguan pernafasan, iritasi mata, dan kulit. Kami dari pemerintah langsung tanggap dan turun ke lapangan guna membagikan masker gratis kepada pengguna jalan raya dan anak sekolah," ujar Paisal, Jumat (4/9/15). 

Menurut mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai ini, jumlah tersebut dihimpun dari semua pelayanan kesehatan yang ada di kecamatan. Kasus tersebut tentunya jauh lebih banyak dari hari-hari biasanya. Dan dipastikan jumlah tersebut bisa bertambah jika kondisi kabut asap masih menyelimuti daerah ini. 

"Kami bisa memastikan jumlah itu masih bisa bertambah ke depan. Sebab, hari ini saja kondisi cuaca masih terselimuti kabut asap. Selain ISPA, kami juga menangani berbagai kasus akibat kualitas udara berkabut asap, seperti pneumoni, asma, iritasi mata dan kulit. Kami juga mengintruksikan petugas medis berikan pelayanan maksimal," ucapnya. 

Sementara menurut laporan dari Kantor Lingkungan Hidup Kota Dumai, kata Paisal, kualitas udara di Kota Dumai pada pagi hari ini masuk level berbahaya. Atas dasar itu Pemko Dumai melalui Dinas Kesehatan Kota Dumai membagikan 5.000 lembar masker garatis kepada masyarakat. 

"Pembagian 5.000 masker gratis merupakan langkah pencegahan agar masyarakat khususnya anak-anak sekolah, lansia dan ibu hamil tidak terjangkit ISPA. Kabut asap kebakaran hutan dan lahan jika terhirup kedalam tubuh dapat menyebabkan gangguan kesehatan pernafasan seperti ISPA," jelasnya. 

Paisal, juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Dumai untuk memperbanyak mengonsumsi air putih jika sering melakukan aktivitas di luar rumah dan tidak lupa menggunakan masker sebagai pelindung agar tidak terhirup kabut asap tercampur partikel sisa kebakaran hutan dan lahan.(ary/rtc)

KOMENAR

Name

Bank Riau Kepri Berita Dumai Berita Pekanbaru Berita Pelalawan Berita Pilihan Berita Riau BRK Budaya DPRD Riau Dumai Ekonomi Hukum Kesehatan Kesra Ketenagakerjaan KI Riau Kota Dumai Piihan Pilhan Pilihan Pilkada Dumai Pilkada Riau Politik Portal Berita Dumai Sosbud
false
ltr
item
Berita Dumai: Diskes Dumai : 346 Warga Terserang Ispa Akibat Kabut Asap
Diskes Dumai : 346 Warga Terserang Ispa Akibat Kabut Asap
http://2.bp.blogspot.com/-ig1c8Kd1Sm0/VeoyykMZdjI/AAAAAAAACaE/2YuWO9v1HTE/s320/ISPA%2BDumai.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-ig1c8Kd1Sm0/VeoyykMZdjI/AAAAAAAACaE/2YuWO9v1HTE/s72-c/ISPA%2BDumai.jpg
Berita Dumai
http://www.beritadumai.com/2015/09/diskes-dumai-346-warga-terserang-ispa.html
http://www.beritadumai.com/
http://www.beritadumai.com/
http://www.beritadumai.com/2015/09/diskes-dumai-346-warga-terserang-ispa.html
true
1690550784927006113
UTF-8
Berita Yang Dicari Tidak Tersedia LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus By Home Halaman POSTS Lihat Semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Permintaan Ada Tidak Sesuai Dengan Postingan Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock