Archive Pages Design$type=blogging$count=7


Dalih Kekosongan Blangko, Ribuan e-KTP Alami Ketertundaan

BeritaDumai.com, Kesra - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai sedang dilanda kekosongan blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) hingga menyebabkan ribuan kartu identitas masyarakat tertunda. 

Kepala Disdukcapil Kota Dumai Suardi, mengatakan bahwa kondisi ini tidak dialami di Kota Dumai saja, melainkan seluruh Disdukcapil di Indonesia. Meski demikian, proses perekaman data diri pemohon tetap dilakukan pihaknya. 

"Kekosongan blangko E-KTP sangat dirasakan sejak awal Agustus hingga kini. Padahal diperkirakan blangko yang tersedia sebelumnya bisa aman hingga September mendatang, namun pada kenyataannya tak lagi sama," katanya, Rabu (19/8/15). 

Menurutnya, diperkirakan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) baru akan mengirimkan blangko E-KTP pada September mendatang untuk seluruh daerah di Indonesia termasuk kota Dumai. Pasalnya, poses lelang dan pencetakan blanko berasal dari Pusat. 

"Nampaknya untuk tahun ini Pemerintah Pusat agak terlambat dalam pelelangan sehingga berdampak pada droping blanko ke daerah yang menjadi terhambat dan terlambat," kata mantan Kepala Kantor Pelayanan Pasar Kota Dumai ini. 

Lanjutnya, ketersediaan blangko yang kosong sudah sejak jauh-jauh hari Disdukcapil Kota Dumai menyurati Kemendagri. Namun, meski terjadi penundaan pencetakan E-KTP, pelayanan yang diberikam Disdukcapil kepada masyarakat masih tetap berjalan normal. 

"Bagi masyarakat yang belum mendapatkan E-KTP, maka dapat menggunakan Surat Keterangan bahwa E-KTP miliknya sedang dalam kepengurusan dan SK tersebut dikeluarkan langsung Kantor Disdukcapil Kota Dumai," ungkap Suardi. 

Dijelaskan dia, surat keterangan tersebut sengaja dikeluarkan agar dapat dipergunakan diberbagai tempat yang dibutuhkan masyarakat untuk kepentingan yang sama dengan E-KTP seperti pelayanan Bank, Imigrasi, Kepolisian dan lain sebagainya yang terkait pelayanan publik. 

"Apabila blangko sudah tersedia maka pemohon akan dihubungi petugas Disdukcapil untuk segera menuka surat keterangan itu dengan e-KTP. Maka dari itu, saya minta masyarakat untuk bersabar menunggu, karena realisasi blangko haruslah menunggu dari Pusat," pintanya. 

Sejak kekosongan blangko terjadi, diakui Suardi, jumlah permintaan pembuatan e-KTP Kota Dumai malah membludak, beda dari biasanya. Bayangkan saja, setiap harinya ataupun perhari, jumlah pemohon dapat mencapai 100 - 150 orang. 

"Jumlahnya meningkat sekarang. Sementara jatah blangko Kota Dumai, bertahan sejak Januari - Juli hanya mencapai 18.000 dari Pusat, sehingga saat menghadapi permintaan jumlah banyak kami cukup kewalahan," terangnya. 

Suardi berharap, agar blangko E-KTP bisa dikirim oleh pihak Kemedagri kepada Kota Dumai dalam jelang waktu yang secepatnya, agar pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu. "Mudah-mudahan masyarakat juga dapat mengerti dan bersabar akan kondisi dan situasi yang seperti ini," tutupnya.(man/bri)

KOMENAR

Name

Bank Riau Kepri Berita Dumai Berita Pekanbaru Berita Pelalawan Berita Pilihan Berita Riau BRK Budaya DPRD Riau Dumai Ekonomi Hukum Kesehatan Kesra Ketenagakerjaan KI Riau Kota Dumai Piihan Pilhan Pilihan Pilkada Dumai Pilkada Riau Politik Portal Berita Dumai Sosbud
false
ltr
item
Berita Dumai: Dalih Kekosongan Blangko, Ribuan e-KTP Alami Ketertundaan
Dalih Kekosongan Blangko, Ribuan e-KTP Alami Ketertundaan
http://2.bp.blogspot.com/-iPUV5y1sCxg/VdTJNJsc1zI/AAAAAAAAB3k/qpQ0NsFrqP0/s320/Disdukcapil%2BDumai%2B-%2BBeritaRiau.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-iPUV5y1sCxg/VdTJNJsc1zI/AAAAAAAAB3k/qpQ0NsFrqP0/s72-c/Disdukcapil%2BDumai%2B-%2BBeritaRiau.jpg
Berita Dumai
http://www.beritadumai.com/2015/08/dalih-kekosongan-blangko-ribuan-e-ktp.html
http://www.beritadumai.com/
http://www.beritadumai.com/
http://www.beritadumai.com/2015/08/dalih-kekosongan-blangko-ribuan-e-ktp.html
true
1690550784927006113
UTF-8
Berita Yang Dicari Tidak Tersedia LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus By Home Halaman POSTS Lihat Semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA Permintaan Ada Tidak Sesuai Dengan Postingan Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock